POTATO CRISPY
A. Latar Belakang
Kentang crispy adalah hidangan yang dibuat dari potongan-potongan kentang yang digoreng dalam minyak goreng panas. Di dalam menu rumah-rumah makan, kentang crispy atau lebih dikenal dengan kentang goreng yang dipotong panjang-panjang dan digoreng dalam keadaan terendam di dalam minyak goreng panas disebut French fries.
Kentang crispy bisa dimakan begitu saja sebagai makanan ringan, atau sebagai makanan pelengkap hidangan utama seperti bistik, hamburger, fish and chips dan currywurst.
Kentang juga selain mengandung karbohidrat, kaya vitamin C. Hanya dengan makan 200 gram kentang, kebutuhan vitamin C sehari terpenuhi.Kalium yang dikandungnya juga bisa mencegah hipertensi. Lebih dari itu, kentang dapat dibuat minuman yang berkhasiat untuk mengurangi gangguan saat haid. Kentang merupakan lima kelompok besar makanan pokok dunia selain gandum, jagung, beras, dan terigu. Bagian utama kentang yang menjadi bahan makanan adalah umbi, yang merupakan sumber karbohidrat, mengandung vitamin dan mineral cukup tinggi.Tanaman kentang (Solanum tuberosum Linn.) berasal dari daerah subtropika, yaitu dataran tinggi Andes Amerika Utara.
B. Visi dan Misi
Visi
Untuk membuka lapangan kerja dalam bidang pemanfaatan kentang sehingga dapat mengurangi pengangguran yang ada di Indonesia yang kedua untuk mengembangkan kreatifitas mahasiswa di dalam berwirausaha.
Misi
Untuk mengumpulkan orang-orang yang tidak memiliki pekerjaan dan memberikan sosialisasi mengenai manfaat dari kentang sehingga dapat menjadi nilai jual yang lebih dan mengembangkan kreatifitas masing-masing dari para tenaga kerja yang di siapkan sehingga pada tampilan dari produk kentang tersebut dapat menarik perhatian konsumen karena adanya inovasi dan tampilan dari produk.
C. Target Pasar
Untuk membuka lapangan kerja dalam bidang pemanfaatan kentang sehingga dapat mengurangi pengangguran yang ada di Indonesia yang kedua untuk mengembangkan kreatifitas mahasiswa di dalam berwirausaha.
Misi
Untuk mengumpulkan orang-orang yang tidak memiliki pekerjaan dan memberikan sosialisasi mengenai manfaat dari kentang sehingga dapat menjadi nilai jual yang lebih dan mengembangkan kreatifitas masing-masing dari para tenaga kerja yang di siapkan sehingga pada tampilan dari produk kentang tersebut dapat menarik perhatian konsumen karena adanya inovasi dan tampilan dari produk.
C. Target Pasar
Untuk usaha yang kami jalani ini menargetkan untuk masyarakat, karena cemilan kentang goreng ini cocok untuk dimakan siapa saja. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua.
D. Kendala atau Hambatan
D. Kendala atau Hambatan
Belum adanya gambaran desain produknya seperti apa, untuk itu kami masih berusaha memikirkan desain apa yang cocok agar bisa menarik konsumen untuk menyukai produk yang kita buat.
E. Prospek Usaha
E. Prospek Usaha
Prospek usaha di dalam pembuatan kentang crispy cukup besar karna ini adalah salah satu makanan cemilan yang banyak diminati oleh konsumen sehingga peluang usahanya meluas. Dengan permintaan pasar yang cukup tinggi, ketersediaan bahan baku yang melimpah serta cara pembuatan yang relatif mudah menjadikan usaha keripik kentang ini layak dijadikan peluang usaha rumahan yang berprospek cerah.
F. Kinerja Proses
Bahan dalam pembuatan kentang crispy
- Kentang (2 - 2,5 kg )
- Bawang putih
- Garam ( secukupnya )
- Minyak goreng
- Air (secukupnya)
Peralatan dalam pembuatan kentang crispy
- Pisau
- Wadah plastik
- Penggorengan (wajan)
- Kompor atau gas
- Panci atau baskom plastik
- Pengaduk
- Saringan
Cara Pembuatan kentang crispy
- Kupas kentang, lalu masukkan dalam wadah yang berisi air, kemudian cuci sampai bersih
- Iris tipis-tipis dengan ketebalan 2~2 1/2 mm
- Tumbuk bawang putih dan garam sampai halus lalu masak dalam air sampai mendidih. Larutan ini harus cukup asin
- Rebus irisan kentang selama 3~5 menit, kemudian tiriskan
- Letakkan irisan kentang di atas baskom plastik
- Goreng dalam minyak yang tidak terlalu panas. Bila kentang sudah mekar cepat angkat. Tiriskan
- Tambahkan bumbu sesuai selera (rasa jagung, keju, dan balado)
- Kentang crispy siap di kemas dan dipasarkan.
Referensi:
Dari tugas kampus Universitas Gunadarma, mata kuliah Dasar Pemasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar