Sabtu, 20 Oktober 2012

CONTOH PIDATO

Yth.Bapak Dayat selaku guru pembimbing Bahasa Indonesia,
Juga tidak ketinggalan pula teman-teman sekalian.

Assalamualaikum Wr.Wb
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Illahi Robi yang telah memberikan kesehatan kepada saya khususnya dan kepada anda semua pada umunya sehingga kita memiliki kesempatan untuk berkumpul di tempat ini.

Baiklah untuk mempersingkat waktu dan tempat saya berdiri di depan ini untuk membawakan sebuah pidato dengan tema “Kenakalan Remaja.”

Masalah sosial yang di kategorikan dalam perilaku menyimpang diantaranya adalah kenakalan remaja. Penggunaan waktu luang yang tidak terarah merupakan sebab yang sangat dominan bagi remaja untuk melakukan perilaku menyimpang.
Di kalangan remaja, memiliki banyak teman merupakan satu bentuk prestasi tersendiri. Makin banyak teman, makin tinggi nilai mereka di mata teman-temanya. Apalagi mereka dapat memiliki teman dari kalangan terbatas. Misalnya, anak orang paling kaya di kota itu, anak pejabat pemerintah setempat bahkan mungkin pusat atau pun anak orang terpandang lainnya. Di jaman sekarang, pengaruh teman bermain ini bukan hanya membanggakan si remaja saja tetapi bahkan juga pada orangtuanya. Orangtua juga senang dan bangga kalau anaknya mempunyai teman bergaul dari kalangan tertentu tersebut. Padahal, kebanggaan ini adalah semu sifatnya. Malah kalau tidak dapat dikendalikan, pergaulan itu akan menimbulkan kekecewaan nantinya. Sebab teman dari kalangan tertentu pasti juga mempunyai gaya hidup yang tertentu pula. Apabila si anak akan berusaha mengikuti tetapi tidak mempunyai modal ataupun orangtua tidak mampu memenuhinya maka anak akan menjadi frustasi. Apabila timbul frustasi, maka remaja itu kemudian akan melarikan rasa kekecewaannya pada narkotika, obat terlarang, dan lain sebagainya. Pengaruh teman ini memang cukup besar.

Oleh karena itu, orangtua para remaja hendaknya berhati-hati dan bijaksana dalam memberikan kesempatan anaknya bergaul. Jangan biarkan anak bergaul dengan teman-teman yang tidak benar. Sebab kalau anak itu bergaul dengan teman yang tidak benar dan tidak terarah maka anak tersebut akan terjerumus ke hal-hal yang tidak baik. Memiliki teman bergaul yang tidak sesuai, anak di kemudian hari akan banyak menimbulkan masalah bagi orangtuanya.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan dalam pidato ini, bila ada kata-kata yang salah mohon dimaafkan karena kita hanya manusia biasa yang tidak luput dari salah.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar